MUDAH SEKALI MENGURUS BEBAS VISA KE JEPANG

12:16 PM


Yey senang sekali rasanya e-paspor saya sudah jadi setelah melewati proses yang cukup mengesalkan di imigrasi Jakarta Selatan bulan Maret lalu. Rasanya impian untuk berlipur ke Jepang benar benar sudah didepan mata. haha. Bagi yang pengen tau cerita saat saya urus e-paspor silahkan
bisa baca disini
Dan awal mei kemarin saya mengurus sendiri ke Kedutaan Jepang guna apply visa waiver agar bisa bebas visa ke Jepang. Prosesnya benar-benar sangat mudah dan cepat. Yang lebih menguntungkan lagi dokumen untuk registrasi visa waiver ini benar tidak sebanyak apabila kita akan mengajukan visa biasa. Sebelum datang ke kedutaan jepang yang ada di JL. M.H Thamrin No.24 Jakarta Pusat, dokumen yang saya persiapkan yaitu :
  1. KTP Asli
  2. E-Paspor
  3. Formulir aplikasi (silahkan bisa di download disini )
  • Saya datang ke Kedutaan Jepang sekitar pukul 9 pagi. Apabila ingin mendaftarkan visa ke kedutaan jepang baik itu visa biasa ataupun visa waiver pihak kedutaan memberikan batasan waktu yaitu pukul 8:30 - 12.00 siang. Sehingga usahakan datang pagi hari.
  • Dibagian pintu masuk sudah ada security yang akan memeriksa tas/ jaket yang kita bawa, setelah melewati tahap pemeriksaan kita dipersilahkan masuk, di sebelah kanan ada loket dimana kita diminta untuk menyerahkan identitas diri seperti KTP yang nantinya akan di tukar dengan kartu visitor.
  • Sebelum sampai di ruangan penyerahan dokumen kita akan melewati scanning layaknya saat berada di imigrasi bandara, setelah selesai kita diarahkan masuk ke sebuah ruangan dan didalam ruangan tersebut ternyata sudah banyak orang-orang yang duduk mengantri menunggu dipanggil oleh petugas kedutaan.
  • Ketika sampai saya langsung mengambil nomer antrian di mesin (A). Ternyata di dalam ada 5 loket, lumayan banyak. Namun khusus untuk pengurusan visa ada 3 loket yang melayani.

form untuk registrasi visa waiver
 tanda terima untuk pengambilan epapor
                               
  • Bagi yang belum sempat print dan mengisi form visa waiver di rumah, tidak perlu khawatir di kedutaan juga disediakan form visa waiver, dan jangan lupa mengambil lembaran tanda terima dan diisi sesuai dengan data diri kita
  • Setelah menunggu sekitar setengah jam akhirnya nomer antrian saya di panggil dan saya menyerahkan e-paspor, form registrasi visa waiver dan juga tanda terima kepada petugas kedutaan
  • Setelah petugas selesai memeriksa dokumen saya kemudian tanda terima saya diberi cap dan dikembalikan lagi, petugaspun menginformasikan besok tanggal 5 epaspor saya sudah bisa di ambil dengan membawa tanda terima tersebut. Wah benar-benar pelayanananya sangat baik dan tidak menghabiskan banyak waktu. 2 hari kerja sudah biasa diambil.
  • Keesokan harinya saya datang lagi kekedutaan jepang sekitar jam setengah 2 siang. Untuk pengambilan berkas diberi batasan waktu juga yaitu dilayani mulai pukul 13:30 - 15.00 WIB.
    untuk pengambilan epasport yang dicap bebas visa saya mendapatkan antrian nomer 229


  • Tidak menunggu terlalu lama nomer antrian saya di panggil, setelah saya menyerahkan tanda terima kemudian petugas memberikan epaspor saya yang tentunya sudah di cap bebas visa ke jepaang. aaaa seneng bangeet. :D
    stiker visa waiver

Gimana, gampang banget kan urusnyaa?😁
Nah bagi yang mungkin tidak sempat mengambil sendiri ke kedutaan, untuk pengambilan bisa diwakilkan, teman saya kemarin dititipkan kepada saya dan yang penting jangan lupa bawa bukti tanda terimanya, buat jaga-jaga bisa menyertakan surat kuasa juga. Namun kemarin saya tidak dimintai surat kuasa dari pihak kedutaan.

Yang perlu diingat dan digaris bawahi mengenai visa waiver ini :
  1. Hanya berlaku selama maksimal 15 hari saja, jika memang ingin pergi ke jepang dalam kurun waktu yang lebih lama tetap harus apply visa biasa.
  2.  Masa berlaku visa waiver ini 3 tahun, atau dalam jangka waktu berlakunya e-paspor yang kurang dari 3 tahun
  3. Walaupun sudah epaspor, untuk masuk ke Jepang kita tetap harus apply visa waiver yaa kalo ngga mau dideportasi . Kan serem. hihi
Can't wait buat cerita pengalaman di Jepang besok. 😆



You Might Also Like

1 komentar

  1. Wa trimkasih banyak, informasinya lumayan membantu utk saya yg dr luar daerah jkt, jadi musti siapin semua dokumen lengkap dlu ya.

    ReplyDelete

Thanks for your visits
I really appreciate every comment you drop here

Popular Posts