Tuesday, September 18, 2012

Materi Komputer Grafik

1.       Sekilas Materi Grafik Komputer

Suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan membangkitkan, menyimpan, dan manipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Komputer grafik banyak memerankan peran pada berbagai bidang antara lain :

Entertainment – animasi komputer-film : menghidupkan objek-objek untuk tujuan visualisasi proses, visualisasi pada simulator, visualisasi fenomena alam. Pada pembuatan film, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi dan editing. Sebelum dilakukan pengambilan gambar dengan kamera, dibuat model pemeran dalam cerita, kemudian divisualisasi untuk gerakan yang sulit dilakukan.
·   User Interfaces : menjembatani pemakai dengan suatu perangkat agar pemakai dapat menggunakan perangkat tersebut dengan lebih mudah dan spontan.

·      Visualisasi interaktif- bisnis dan ilmu pengetahuan

·   CAD/CAM : untuk merancang, menggambar, visualisai dan analisis. Perangkat lunak aplikasi CAD pada umumnya dilengkapi dengan beberapa window yang memperlihatkan beberapa gambar objek dari sudut pandang yang berbeda, seperti tampak depan, samping, atas dan perspektif.

·  Computer Art Seniman menggunakan berbagai macam perangkat lunak grafik, dan kadang juga dilengkapi dengan hardware khusus. Computer Art terdiri dari : Commercial Art dan Fine Art. Aplikasi commercial art dapat dilihat pada dekstop publishing, advertising, desain tekstil, dsb. Perangkat lunak yang digunakan antara lain adalah : CorelDraw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator. Sedangkan aplikasi fine art dapat dilihat pada penggunaan perangkat lunak grafis untuk pembuatan bermacam gambar sesuai dengan gagasan dan imajinasi yang membuat. Biasanya menggunakan Draw Program dan Paint Program.

·      Game Permainan merupakan produk yang sangat disenangi, bukan hanya oleh anak-anak tetapi orang dewasa juga menyukainya. Berbagai game dimainan di komputer, video player dengan monitor TV, dan ada pula yang menggunakan perangkat khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game. Game dibuat untuk penggunaan komputer PC maupun komputer dengan perangkat khusus.

2.        Grafik Komputer        
Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemungkinan berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
 Bagian fari grafika komputer meliputi :
Geometri     : mempelajari cara menggambar permukaan bidang
Animasi       : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan 
Rendering    : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya 
Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar 
3.        Pengolaan Pencitraan
Pengolaan citra adalah pemrosesan citra atau pengolahan gambar secara digital, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Citra (image) istilah lain untuk gambar, sebagai salah satu komponen karakteristik yang tidak dimmiliki oleh data teks, yaitu citra kaya dengan informasi.
4.        Elemen-elemen Dasar Grafik Komputer

  Citra pada grafika computer menggunakan elemen dasar grafik. Elemen-elemen ini memudahkan untuk menggambar bentuk objek pada layar monitor. Dalam grafika computer terdapat 4 elemen dasar grafik yaitu :

1.      Titik (point) Titik merupakan satuan gambar/grafis yang terkecil. Dengan menggambar titik maka kita dapat menggambar obyek apapun. Termasuk bentuk geometri dibawah merupakan bentuk-bentuk yang pada dasarnya berasal dari titik-titik. Operasi titik ini sering digunakan pada pengolahan citra (image processing). Setiap titik pada monitor memiliki parameter : koordinat dan warna.
2.      Garis (line)
Garis adalah kumpulan tititk-titik/pixel yang tersusun secara lurus dan linier dari titik awal sampai titik akhir.
3.      Kotak (Box)
Kotak merupakan siklus tertutup minimal 2 titik pokok
4.      Lingkaran/Elip
Lingkaran adalah kumpulan titik yang melingkar dengan garis tengah mendatar dan vertikal sama, sedangkan untuk elip, garis tengah berbeda.
5.      Poligon (Polygon)
-bagan segi banyak
-poligon tanpa arsir



5 comments:

  1. terima kasih buat materinya ya, sangat membantu.:)

    ReplyDelete
  2. ijin ngopy ya buat tugas pak edi ... xixixixixixi

    ReplyDelete
  3. Hai. aku juga punya materi yang berhubungan dengan komputer grafik. kunjungi saja di.

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf

    ReplyDelete

Thanks for your visits
I really appreciate every comment you drop here