Sunday, September 4, 2016

MASALAH BCA MOBILE ADA EROR 101


Bagi pengguna aplikasi BCA Mobile khususnya di hp android, mungkin ada beberapa yang pernah mengalami kendala, terkadang respon yang muncul ada eror 101 dan diiringi unable to authenticate your identity, jaringan terputus, ataupun respon sangat lama setelah berhasil memasukan 16 digit nomer kartu atm. Nah untuk postingan kali ini saya akan sharing, berberapa tips dan triknya agar BCA Mobile bisa digunakan bertransaksi kembali


Untuk masalah respon eror 101 dan diiringi dengan tulisan unable to authenticate your identity, biasanya beberapa penyebabnya adalah

  1. Pastikan terlebih dahulu, apakah pernah melakukan pergantian hp? atau pergantian SimCard karena alasan hilang atau rusak, untuk aplikasi BCA mobile ini hanya bisa terhubung dengan SIMCard yang didaftarkan dari awal.respon seperti itu muncul dikarenakan aplikasi bca mobilnya tidak menganali simcard yang terpasang saat ini. Sehingga silahkan bisa lakukan proses uninstall dan coba install kembali
  2. Jika hp yang digunakan dualSim, maka dipastikan kembali apakah no.hp yang terdaftar untuk BCA Mobilenya, sudah di letakkan di sim 1, atau di sim 2, jika memang ada switching silahkan bisa di pindahakan kembali ke sim 1. Karena aplikasi BCA mobile hanya bisa mengenali simcard yang berada di sim 1
Untuk masalah respon jaringan terputus atau respon sangat lama
  1. Karena BCA mobile memang sangat tergantung dengan jaringan internet, jadi silahkan bisa di cek kembali apakah memang jaringan internet yang terhubung sudah stabil,
  2. Respon sangat lama masih berhubungan juga dengan jaringan internet, dan apabila baru pertama kali menginstall aplikasi BCA mobile, dipastikan ada minimal pulsa 1000 karena untuk proses verifikasi BCA mobile akan mengirimkan sms ke no.hp yang terdaftar.
Tidak terima sms saat pertama kali install / saat menambahkan daftar rekening tujuan baru

untuk saat ini saya menggunakan hp oppo f1, Tips settinganya yaitu sebagai berikut:
  1. Masuk ke menu setting
  2. kemudian silahkan pilih application management
  3. di menu installed pilih BCA Mobile
  4. silahkan di scroll ke bawah dan di situ ada menu receive message, pastikan dalam posisi yang allow atau selalu di izinkan. ini berpengaruh saat aplikasi bca mobile akan mengirimkan sms ke no.hp yang terdaftar
  5. Dipastikan ada minimal pulsa 1000 karena untuk proses pertama kali install aplikasi dan saat menambahkan daftar rekening tujuan baru, bca mobile akan mengirimkan sms ke no.hp yang terdaftar.

Sebelum melakukan proses install bisa cek juga di menu hp android yang digunakan,
masuk ke menu setting, kemudian pilih menu safety and privacy, setelah itu akan ada menu allow installation of applications from unknow sources, pastikan dalam posisi yang di centang.
Hal ini dikarenakan aplikasi bca mobile servernya bukan dari google play store agar tidak dianggap aplikasi yang mencurigakan oleh android dan bisa di install dengan lancar.
Jika penganturanya sudah disesuaikan silahkan lakukan proses uninstall dan install ulang.


Tips tambahan mungkin ada yang pernah lupa dengan kode akses BCA Mobile karena mungkin lama tidak diakses atau mungkin pernah salah 3x memasukan kode aksesnya. Tidak perlu khawatir tinggal lakukan proses install ulang saja, dan nanti saat proses input kode akses lagi masih bisa menggunakan kode akses yang sama. Namun yang perlu digaris bawahi saat melakukan proses reinstall maka inbox yang tadinya ada di BCA mobile akan terhapus. Bagaimana dengan daftar rekening tujuan yang sudah pernah terdaftar, apakah akan hilang juga? pasti akan sangat repot ya, harus menambahkan 1 persatu lagi no.rek yang sudah terdatar. Namun BCA sudah memiliki sistem yang cukup canggih, untuk daftar rekening tujuannya tidak akan terhapus dikarenakan sudah tersimpan di database BCA Mobilenya / sudah tersimpan secara online. 


Nah semoga tips untuk penanganan keluhan bca mobile ini bisa membantu yaah. :-)






No comments:

Post a Comment

Thanks for your visits
I really appreciate every comment you drop here