Pengertian Sistem Operasi Komputer

5:08 PM



Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi merupakan interface atau penghubung antar pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, dulu orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Jadi tidak ada yang lebih penting dari pada sistem operasi karena sistem operasi memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan mesin dan mengelola semua fungsi dan sumber daya dari komputer.

Jenis Sistem Operasi
Dewasa ini sistem operasi telah berkembang mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling modern, juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing terutama sehubungan dengan fungsi-fungsi yang dimilikinya. Ada banyak jenis sistem operasi  pada komputer, pada bagian berikut ini akan dibahas beberapa jenis sistem operasi yang diantaranya sering digunakan.

1. DOS
DOS singkatan dari Disk Operating System. DOS merupakan perangkat sistem operasi yang digunakan di banyak komputer yang menyediakan abstaraksi dan pengelolaan perangkat penyimpanan skunder dan informasinya.  Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun hardisk. DOS biasanya dijalankan dari satu atau dua disk. Hal ini karena pada masa DOS media penyimpanan yang digunakan masih sangat terbatas kemampuannya, paling besar mungkin sekitar 1,4 Mb.

2. Microsoft Windows
Microsoft Windows atau yang sering disebut windows merupakan sebuah Operating System Propreatary (Close Source) dari Microsoft yang paling populer saat ini. Windows memiliki kompabilitas tinggi dengan aplikasi-aplikasi yang populer saat ini. Banyak game-game bagus yang dibuat untuk dikalankan di platform OS ini.
Sistem Operasi Windows  pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Mulanya sistem operasi ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Meskipun pada awalnya kurang menarik, namun windows versi awal telah menunjukkan beberapa fungsi yang umum dijumpai dalam sitem operasi. Secara konsep sebenarnya windows lebih banyak ditunujukkan bagi komputer personal.

3. UNIX
UNIX merupakan sistem operasi yang dapat diterapakan pada berbagai jenis mesin. Pertama kali diperkenalkan oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus. Unix banyak digunakan baik untuk workstation maupun server. karenanya, saat berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer yang lain menjadi lebih mudah.  desain sistem operasinya portable, multi-user, multi-tasking, utilitas dan sistem berkas. Lingkungan Unix dan model program client-server menunjukkan bahwa Unix lebih dikembangkan sebagai sistem operasi yang kuat di jaringan komputer dari pada sistem operasi untuk komputer personal.

4. Linux
Linux merupakan Kloningan dari MINIX (Salah satu varian dari UNIX). Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Peralatan sistem dan pustaka umumnya berasal dari Sitem Operasi GNU. Linux juga memiliki banyak desain yang berasal dari desain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol proses, jaringan, periferal dan pengaksesan sistem berkas.

5. Mac OS
Mac OS ialah OS berbasis BSD kernel yang dimodifikasi dan diberi nama Darwin Kernel itu dirancang khusus untuk Komputer Macinthosh (dari Apple Inc). OS ini bisa dikatakan salah satu OS yang paling bersahabat dengan user. Tampilan grafisnya cantik, desain simpel, fiturnya lengkap dan tidak berbelit-belit. Karena Sistem Operasi ini masih dalam keluarga UNIX, jadi sekuritasnya kuat. Namun sayangnya OS ini hanya bisa dinikmati opeh pengguna komputer Mac. Mac OS bersifat close Source sama seperti Windows.



You Might Also Like

0 komentar

Thanks for your visits
I really appreciate every comment you drop here

Popular Posts